Friday, April 22, 2011

Berburu Peluang Emas di Jobfair



Sudah lulus tapi masih bingung cari kerja dimana. Ayo jangan hanya diam. Mari berburu pekerjaan di jobfair. Selain peluangnya banyak, bursa kerja juga bisa menjadi ajang menarik untuk memperluas relasi dan mengupdate perkembangan terbaru di bidang Anda, lho!

Saat ini banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan jobfair atau bursa kerja sebagai ajang favorit untuk merekrut karyawan baru, terutama untuk kriteria entry dan middle level. Di tengah berjubelnya  informasi lowongan kerja baru saat ini, umumnya tempat ini juga menjadi pilihan populer bagi kalangan tenaga kerja fresh graduate, mahasiswa ataupun profesional untuk berburu peluang kerja. Jadi jangan kaget jika setiap jobfair akan selalu penuh sesak. Nah, agar jerih payah kita berjejealan di tengah bursa kerja tidak sia-sia, mari persiapkan segala keperluan untuk rebut peluang emas di jobfair. Berikut ini tiga hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum mengunjungi jobfair.

KENALI JENIS JOBFAIR-NYA
Hal pertama yang harus kita cermati adalah mengenali lebih jauh tentang jobfair yang akan kita kunjungi. Terutama informasi mengenai lowongan dan jenis pekerjaan apa saja yang akan kita temui disana. Karena terkadang tidak semua jenis jobfair menawarkan semua jenis pekerjaan. Misalnya, ada beberapa universitas yang menyelenggarakan jobfair khusus  untuk kalangan atau alumni universitas tersebut.  Beberapa jobfair juga terkadang khusus diselenggarakan untuk mengakomodasi kebutuhan karyawan di bidang tertentu saja. Jadi pastikan terlebih dahulu jenis lowongan apa saja yang ditawarkan sehingga kunjungan Anda akan lebih efektif dan Anda tidak akan salah tujuan.

JANGAN HANYA WINDOW SHOPPING
Beberapa bursa kerja biasanya tidak dapat diakses secara gratis, artinya Anda harus mengeluarkan uang untuk dapat masuk ke dalamnya. Jadi jangan sampai Anda datang berjejalan, membuang waktu, tenaga, dan uang hanya untuk jalan-jalan dan melihat-lihat seperti di pameran. Jangan datang ke jobfair dengan minat “peruntungan”, dengan pikiran siapa tahu ada pekerjaan yang cocok, tanpa ada sasaran. Datanglah ke jobfair dengan persiapan serius layaknya Anda sedang mencari kerja. Ingat, ajang ini selalu penuh sesak dengan pengunjung dan persaingannya sangat ketat. Jadi, manfaatkan ajang jobfair dengan sebaik-baiknya, ya!

KETAHUI INFORMASI RINCI
Akan lebih memudahkan Anda jika Anda mencari tahu denah bursa kerja atau letak booth perusahaan-perusahaan yang Anda incar. Ingat, terkadang jobfair  diselenggarakan di gedung yang luas dan diikuti banyak perusahaan. Jika tidak memanfaatkan denah, mungkin Anda akan bingung dan kesulitan dalam mencari informasi pekerjaan yang Anda incar. Dengan bantuan denah, maka kita tidak perlu buang-buang waktu untuk sibuk berkeliling mencari booth perusahaan yang kita inginkan. Selain efisien, juga berguna untuk menghemat tenaga kita, kan? Satu lagi yang terpenting, jangan lupa cari tahu berkas-berkas yang harus dipersiapkan sesuai lowongan  pekerjaan yang kita incar. Selamat berburu ya, semoga sukses! (Rhm)

1 comment: