Friday, April 22, 2011

Siap Berburu, Siap Dilirik



Jobfair memang seperti pasar, ramai dan penuh persaingan. Namun jangan sampai banyaknya saingan membuat nyali Anda ciut. Persiapkan untuk menjual diri Anda ke perusahaan incaran dan bersiaplah berburu dengan modal berikut ini 

UPDATE CV
Persiapkan CV terbaru Anda sebelum mengunjungi jobfair. Jika pada jobfair sebelumnya CV Anda tidak dilirik perusahaan, jangan putus asa, mungkin ada yang kurang pada CV Anda. Cari informasi mengenai penulisan CV yang baik dan buat ulang CV Anda semenarik mungkin. Ingat, seleksi administrasi, termasuk CV adalah tahap seleksi paling awal yang dapat menentukan Anda lolos atau tidak ke tahap selanjutnya. Jadi pandailah menjual dan menawarkan potensi diri Anda melalui CV.
Cetak beberapa CV dan cover letter pada kertas yang representative. Persiapkan lebih dari satu karena mungkin Anda akan membutuhkan untuk keperluan bersifat administratif. Jika jobfair yang Anda kunjungi menggunakan metode paperless, maka Anda hanya perlu menyiapkan softcopy CV dan surat lamaran dalam flashdisk. Beberapa jobfair seperti yang diselenggarakan ECC UGM sudah menggunakan sistem register online, dimana Anda harus mengupload CV di situs jobfair terlebih dahulu. Sistem ini semakin memudahkan Anda karena akan menghemat banyak waktu sehingga Anda bisa terhindar dari antrean.

GO, DRESS UP!
Kesan pertama akan selalu tercipta lewat penampilan. Itu sebabnya, jangan sampai Anda datang dengan penampilan seadanya. Tampil Dress up layaknya Anda sedang melamar pekerjaan atau menghadapi interview. Tidak perlu dandan atau berpenampilan yang berlebihan, cukup kenakan pakaian rapi dan formal seperti celana bahan, kemeja dan sepatu tertutup. paling tidak, penampilan ini menunjukkan bahwa Anda bersungguh-sungguh untuk melamar pekerjaan.

JAGA KONDISI
Cukup istirahat menjadi modal penting bagi Anda sebelum mengunjungi jobfair. Jangan lupa makan dahulu agar Anda berenergi, karena gula darah yang rendah akan membuat Anda kehilangan konsentrasi. Kondisi badan yang fit sangat menunjang sehingga Anda lancar mengikuti setiap tahapan test.

SIAP WALKING INTERVIEW
Sebelum mengunjungi jobfair, tidak ada salahnya mempersiapkan diri untuk latihan wawancara. Dengan begitu, jika diminta langsung wawancara Anda bisa tampil percaya diri dan meyakinkan. Siapkan pula kalimat untuk memperkenalkan diri secara singkat, menunjukkan kelebihan dan kekurangan Anda. Jangan lupa untuk memepelajari terlebih dahulu mengenai seluk beluk perusahaan dan jenis pekerjaan yang Anda incar. Ini akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dengan begitu Anda akan dinilai memiliki kesungguhan untuk bergabung dengan perusahaan. Bersiaplah, dan jadilah salah satu kandidat yang akan diperebutkan. Good Luck! (Rhm)

No comments:

Post a Comment